Rabu, 11 Maret 2015

FILOSOFI DAKWAH

“Ud’u ilaa sabiili Rabbika bilhikmati wal mau’izhatil hasanati wa jaadilhum billatii hiya ahsan; inna rabbaka huwa a’lamu biman dhalla ‘an sabiilihi wahuwa a’lamu bilmuhtadiin.”
( Ajaklah ke Jalan Tuhan-mu dengan cara hikmah, nasehat yang baik, dan debatlah mereka dengan cara yang terbaik, sesungguhnya Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang tersesat dari jalan-Nya, dan Ia lebih mengetahui tentang orang-orang yang mendapat petunjuk ) QS. An-Nahl: 125
Ayat 16. al-Nahl: 125 ini merupakan perintah Allah kepada utusan-Nya, Rasulullah SAW
untuk berdakwah, mengajak ke jalan Tuhannya, agama Allah; dengan hikmah dan nasehat yang baik. Bila perlu berdebat, agar dengan cara yang paling baik. Ayat ini ditutup dengan penegasan Allah bahwa sesungguhnya Ia lebih tahu mengenai siapa yang sesat dari jalan-Nya dan siapa yang mendapat hidayah dan benar. Dakwah ialah mengajak. Bukan menyuruh atau memaksa. Meskipun jalan Allah jelas adalah jalan yang paling benar menuju ke kebahagiaan dan Rasulullah SAW adalah pemimpin yang sangat mendambakan kebahagiaan semua orang. Namun, beliau tidak bisa ‘menyuruh’ dan memaksa orang untuk itu. “Innaka laa tahdii man ahbabta;” firman Allah surah al-Qashash,“ Waakinnallaha yahdii man yasyaa’ wahuwa a’lamu bilmuhtadiin.” (Q. 28: 56) “Sungguh engkau (Muhammad) tidak bisa memberi hidayah kepada orang yang engkau cintai (sekali pun), tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Ia kehendaki dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.”
Kewajiban Rasulullah SAW dan kita yang ingin melanjutkan perjuangannya ialah berdakwah, mengajak. Dan dakwah atau mengajak itu, menurut Tuhan yang memerintahkannya, dengan tiga cara yang disebutkan dalam ayat 125 surah al-Nahl itu. Dengan hikmah, nasehat baik, dan berdebat dengan cara yang paling baik.
Hikmah (ada yang mengartikan al-Quran; ada yang memaknai al-Quran dan Sunnah Rasul SAW; dan ada juga yang menafsirkan sebagai bijaksana); nasehat yang baik; dan berdebat dengan cara yang paling baik, sesuai sekali dengan makna dakwah atau ajakan. Di samping itu, juga sesuai dengan maqam Nabi SAW dan kita yang tidak mempunyai wewenang memaksa. Allah SWT ketika mengutus Nabi Musa dan Nabi Harun kepada Raja yang selalim Firaun pun berpesan,“Faquulaa lahu qaulan layyinan...” (Q. 20: 44) “Dan berkatalah kalian berdua kepadanya (kepada Firaun) dengan perkataan yang halus…”
Dalam kondisi kita mesti berdebat, Allah pun mengingatkan,“Walaa tujaadiluu ahlal kitaabi illa billatii hiya ahsan..” (Q. 29: 46) “Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik..”
Ternyata, dakwah yang dilakukan sesuai dengan petunjuk Allah dan dicontohkan Rasulullah SAW, bukan saja paling baik, tapi juga terbukti berhasil. Di negeri kita, sebagai contoh, para da’i pendahulu dan Walisongo telah membuktikan keberhasilan yang luar biasa. Dari negeri yang penduduknya rata-rata tidak mengenal Allah dan Rasulullah SAW, menjadi negeri yang mayoritas memeluk agama Islam. Seandainya mereka dulu dalam berdakwah, tidak dengan semangat mengajak, tapi memaksa, tidak menggunakan cara hikmah, tapi semau mereka sendiri, tidak dengan nasehat dan ajaran yang baik, tapi menggurui dan mengancam, boleh jadi negeri ini tidak pernah mengenal falsafah ‘keislaman’. Falsafah Ketuhanan Yang Maha Esa (Tauhiid), kemanusiaan yang adil dan beradab (Insaaniyah), Persatuan Indonesia (Ukhuwwah), kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan (Syuuraa bainahum), dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ( ‘Adaalah).
Da’i-da’i masa kini, kalau tidak mampu mengajak mereka yang belum di jalan Allah untuk menuju ke jalan-Nya, mengajak jamaahnya sendiri yang sudah di jalan Allah, untuk istiqamah menjalankan ajaran agamanya dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW, sudah lumayan. Jangan sampai-na’udzu billah-mengajak orang ke jalan Allah tidak mampu, malah justru membuat orang takut kepada jalan-Nya.
Oleh karena itu, pemahaman yang paling mendasar mengenai aspek filosofis dakwah semestinya dipahami oleh setiap kita yang terlibat dalam dunia dakwah, baik secara langsung maupun tidak. Pasalnya, dengan pemahaman yang benar mengenai konsepsi dakwah sesuai dengan petunjuk al-Qur’an, dakwah yang kita lakukan akan menjadi ‘ajakan suci’ yang menyejukkan, bukan paksaan yang menyesakkan. Dengan demikian, ada harapan besar bahwa mereka yang kita ajak, akan dengan rela hati meniti jalan ilahi, sebagaimana telah dicontohkan para Wali. Dan, pada gilirannya, kita maupun saudara-saudara kita yang kita ajak, senantiasa bernaung dalam ridlo Ilahi. S’moga!
Oleh Team Ad-Dhuha.
Salam Sukses Bahagia

Ingin Umroh??? Ada kendala biaya??? Mau kerja sampingan????
Silakan Kontak 0852 2580 5657


Label: , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda